Hipnotis For Education


Cilacap (ANTARA News) – Praktisi “hypnoteaching” dari “Hypno Spritual Enterpreneur” Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Muhammad Noer, mengatakan aplikasi hipnotis dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

“Aplikasi dalam dunia pendidikan tidak berarti guru menidurkan semua siswa selama proses pembelajaran. Kalau semua tidur, bagaimana mengajarnya,” kata dia dalam seminar “Membangun Guru yang Cerdas, Kreatif, dan Bermartabat” yang diselenggarakan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Institut Agama Islam Imam Ghazali (LPPM-IAIIG) Cilacap, Jateng, Minggu.

Dalam hal ini, kata dia, seorang guru dengan kekuatan kepercayaan, iman, keyakinan, dan pengetahuan, dapat diibaratkan sebagai sebuah magnet yang menarik perhatian siswa.

Dengan demikian, lanjutnya, jika seorang guru menginginkan ketenangan di dalam kelas, guru tersebut harus bersikap tenang.

“Jika menginginkan adanya perhatian dari siswa, seorang guru harus perhatian dan memiliki kepedulian pada siswa. Demikian pula jika menginginkan siswa gemar belajar dan membaca, guru juga harus gemar membaca dan belajar,” katanya.

Menurut dia, dalam kondisi tersebut memunculkan satu gelombang yang sama, yakni hipnotis. “Inilah yang dikenal dengan `hypnoteaching`,” katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan hipnotis atau “hypnoteaching” harus diarahkan kepada tujuan-tujuan positif yang membangun, yakni dengan memasukkan kesan-kesan positif di alam bawah sadar siswa.

Akan tetapi dalam melaksanakan “hypnoteaching”, kata dia, seorang guru harus berpenampilan rapi dan penuh percaya diri sehingga memiliki daya tarik bagi siswa.

“Seorang guru juga harus bertindak sebagai pendidik, bukan sekadar pengajar sehingga dia harus mempunyai rasa empati dan simpati kepada para siswa,” katanya.

Jika seorang guru memiliki rasa simpati kepada siswanya, kata dia, niscaya siswa pun akan mempunyai rasa simpati kepada gurunya sesuai kaidah timbal balik.

Selain itu, lanjutnya, seorang guru harus menggunakan tutur bahasa yang baik dengan memilih kosa kata yang enak didengar telinga siswa.

“Salah satu unsur hipnotis dalam proses pembelajaran adalah menggunakan alat peraga atau mengeluarkan ekspresi diri. Seluruh anggota badan digerakan jika diperlukan,” katanya.

Ia mengatakan salah satu keberhasilan “hypnoteaching” adalah menggunakan teknik cerita dan kisah tentang orang-orang sukses sebagai upaya memotivasi siswa.

“Bantu dan tarik perhatian siswa dengan sebuah cerita yang mendukung pelajaran sehingga seorang guru dapat mengajari siswa tanpa terasa menggurui. Itulah hebatnya sebuah kisah atau cerita,” kata Noer.

ingkat cerita semuanya (jumlahnya sekitar 40 an siswa, lupa menghitung krn kalo full satu kelas mencapai 54 siswa) Hipnotis massal dilakukan, :

* semua dipersilahkan duduk dengan rileks
* kosongkan pikiran untuk sesaat
* tarik nafas yang panjang lewat hidung, hembuskan lewat mulut
* lakukan terus berulang pernafasan yang teratur ini
* berikan sugesti setiap tarikan nafas akan membuat badan menjadi rileks… rileks…rileks,,,
* lakukan terus menerus dan berulang kata-kata sugesti yang akan membuat “suyet” nyenyak dan tertidur.
* perhatikan posisi kepala dari semua “suyet” bagi yang sudah teridur akan nampak terlihat tertunduk atau leher tidak mampu menahan beratnya kepala.
* selanjutnya berikan sugesti positif seperti fokus pikiran, peka pendengaran, fresh otak dan pikiran, kenyamana pada seluruh badan.
* jika dirasa sudah cukup, bangunkan “suyet” secara bertahap dengan melakukan hitungan 1 sampai 10, dan pada hitungan ke 10 semua “suyet” akan tersadar dalam kondisi Segar Bugar.

itu adalah tahapan2 yang sering saya lakukan dalam menghipnotis massal membangun kepercayaan dan konsentrasi dalam memulai pelajaran.

Pada kejadian Hipnotis massal adakalanya beberapa orang masih merasa mengantuk, segera dekati dalam lakukan hipnotis perorangan dan lakukan metode DHKH (dari hati ke hati), maka tanpa disadari dari “suyet” akan meluncur kata2 kesedihan yg dialaminya saat itu, air mata nya pun meleleh membasahi pipi. berikan keyakinan dan kekuatan hati agar “suyet” lebih tegar lagi dalam menjalani hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: