Keuntungan Dan Kerugian Social Bookmark Seperti Facebook, Twitter, Digg, MySpace


Social Bookmark adalah tempat untuk bersosialisasi atau berbagai sesuatu yang menarik dan tempat untuk mencari teman atau tempat untuk mencari uang dan tempat untuk mempromosikan diri atau mencari dan menarik pengunjung demi tujuan tertentu. Social Bookmark adalah sarana yang memiliki arti luas dan menjadi tempat yang sangat menarik bagi seseorang dan di jaman atau era teknologi ini banyak orang memanfaatkan sosial bookmark sebagai tempat kejahatan karena social bookmark adalah tempat yang rawan kriminal atau tindak kejahatan di internet yang sangat sulit ditemukan pelakunya dan bagi orang-orang yang memiliki maksud baik social bookmark adalah tempat yang sangat bagus untuk mencari keuntungan dan menarik pengunjung ke website pribadi miliknya untuk mencapai tujuan yang tertentu. Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa keuntunggan menggunakan social bookmark dan kerugian social bookmark serta kontroversial social bookmark :

Jenis Social Boomark Populer :

1. Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg dan faceboo menjadi persusahaan swasta dengan pemasukan 400 Juta Dolar per tahun dengan karyawan sebanyak 700 orang dengan peringkat 2 versi ALEXA.

2. MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Dan sekaran MySpace adalah tempat untuk mempromosikan band baru. Pencipta MySpace adalah Thomas Anderson dan Christopher DeWolfe diluncurkan pada tahun 2003 dan sekarang situs jejaring ini dimiliki oleh perusahaan swasta bernama News Corporation dengan peringkat 11 versi ALEXA.

3. Twitter adalah suatu situs web jejaring sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp dengan 5 millyar tweet yang didapatkan dari banyak pengguna domain yang mempromosikan dirinya.

4. Digg adalah situs web yang memeringkat kepopuleran artikel berita atau situs yang berbasis komunitas. Situs ini menggabungkan social bookmarking, blogging, dan syndication dengan sebuah bentuk dari kendali editor yang demokratis dan nonhierarkis. Artikel-artikel berita dikirimkan oleh pengguna dan kemudian pengguna pula yang mempromosikannya untuk tampil di halaman utama melalui sistem pemeringkat berbasis pengguna (melalui voting).

Keuntungan Social Boomark :

1. Kita dapat bersosialisasi atau berbagi pengetahuan
Kita dapat bersosialisasi atau berbagi pengetahuan dengan teman yang baru kita kenal ataupun teman yang sudah kita kenal dan biasanya kita berbagi suatu informasi, data, berita, artikel, pengetahuan dan masih banyak lagi yang dapat kita bagi menggunakan social bookmark.

2. Kita Dapat Menarik pengunjung
Kita Dapat Menarik pengunjungdari social bookmark karena social bookmark adalah tempat berkumpulnya orang-orang dari seluruh dunia karena itu social bookmark adalah tempat yang sangat bagus untuk menarik pengujung ke website pribadi kita dengan tujuan tertentu.

3. Tempat mencari Uang, Dollar, Paypal
Dengan adanya kemajuan teknologi dan kebutuhan manusia akan sesuatu yang tidak pernah habis maka banyak cara untuk mencari uang dan contohnya internet adalah satu sarana untuk mencari uang yang sedang populer di luar negeri maupun di indonesia karena internet yang khususnya pada social bookmark adalah tempat yang sangat ramai pengunjung maka sekarang banyak orang yang memasang iklan pada social bookmark dengan hasil yang sangat fantastis atau menguntungkan oleh karena itu social bookmark sangat bagus sebagai sarana untuk mempromosikan suatu barang yang memiliki nilai komersial yang cukup tinggi.

4. Tempat untuk mencari Teman
Banyak orang mengatakan bahwa social boomark adalah salah satu tempat yang sangat populer didunia untuk mencari teman baru dan berbagi informasi yang menarik satu sama lain oleh karena itu kita tidak heran jika ada sesorang yang sampai menikah karena bertemu di social bookmark seperti facebook, Yahoo Mesengger dan sebagainya.

5. Kabar Terbaru Dan Berita
Kabar Terbaru Dan Berita juga didapat melalui situs jejaring social karena Jejaring social juga menyediakan atau memberikan fitur tambahan seperti berita secara “REAL TIME” dan jejaring social ini sudah seperti media yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan masyarakat berkembang.

Kerugian Social Bookmark :

1. Tempat untuk melakukan tindak kejahatan
Social Bookmark adalah sarana yang sangat bagus untuk menipu orang dan dapat merugikan orang tersebut dari segi moral maupun material yang sangat banyak dan sedikit oleh karena dalam pembuatan akun disocial bookmark sangat mudah maka banyak orang yang memanfaatkannya untuk menipu orang lain demi tujuan tertentu atau untuk mengguntungkan diri sendiri dan merugikan orang lain yang memakai sarana social bookmark ini.

2. Akun yang tidak pasti
Karena mudahnya orang-orang untuk membuat dan mengakses social bookmark ini menyebabkan terjadinya kesempatan untuk menipu atau berbuat tidak baik kepada orang banyak dan untuk membuat orang tidak mengetahui tindakan kejahatan yang diperbuat maka banyak orang membuat akun atau biodata palsu.

3. Bahasa dan Etika yang tidak sopan
Bahasa adalah kendala utama yang menjadi kerugian dalam social bookmark karena tidak ada yang mengatur etika dalam berbahasa ini maka banyak orang yang memanfaatkan social bookmark untuk mencemarkan nama baik ataupun saat Chating menulis kata-kata yang tidak baik yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

Kontroversial Social Bookmark :

1. Tempat untuk mencari Pacar
Banyak orang yang mengatakan bahwa sosial bookmark adalah sarana yang sangat bagus untuk mencari pacar dan pendapat ini juga berasal dari teman saya yang selalu membuka salah satu jejaring social dan menurut pendapat saya banyak keuntungan yang didapat dari social bookmark selain mencari pacar tetapi untuk anak muda di era sekarang mungkin social bookmark adalah trend peningkatan pemakaian internet yang sangat menguntungkan banyak pihak termasuk saya dan teman saya yang memiliki pendapat demikian.

2. Banyaknya Iklan yang ditampilkan
Mengapa banyak social bookmark yang ditampilkan dan terdiri dari berbagai jenis ?? ini adalah salah satu kontroversial dari social bookmark yang sangat menjamur dari tahun ke tahun karena social bookmark adalah salah satu pilihan yang sangat menarik dengan manfaat yang sangat luas maka banyak pihak yang memanfaatkan ini untuk menjual barang dan jasa secara komersial atau memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan di setiap sudut social bookmark akan diimbangi dengan iklan yang banyak dengan berbagai jenis yang menarik untuk mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

3. Tempat Komersial
Tidak hanya pemasukan dari iklan yang dihasilkan oleh social bookmark tetapi social bookmark juga menghasilkan keuntungan yang dapat berupa jasa atau barang dan di era sekarang social bookmak yang sederhana juga dapat berubah menjadi “PERUSAHAAN SWASTA YANG BERKEMBANG DENGAN SAHAM YANG NYATA” dengan pemasukan yang fantastis yang berasal dari “ide” dan “Gagasan Kreatif” yang sederhana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: