Kebijakan dan kebijaksanaan,,,,


Adalah dua kalimat yang persis sama tapi mempunyai pengertian yang berbeda

Itulah sepenggalan kalimat yang saya dengar dari rapat Pansus DPR yang menggunakan hak angket mereka tentang skandal Bank century.
Menurut pakar ahli saksi hukum yang didatangkan keruang sidang “ dari segi pandangan hukum Billout yang dilakukan pemerintah ke Bank Century adalah sebuah kebijaksanaan yang harus diambil oleh pemerintah, karena jika Bank Century ditutup akan bisa berdampak sistemik pada perekonomian negara

Jadi hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu Bank Century adalah hal yang wajar dan itulah kebijaksanaan yang harus diambil oleh pemerintah

Ok…Ok…Ok… itu adalah pendapat para petinggi petinggi negara dan saya yakin pendapat itu sesuai dengan ilmu dan keahlian yang dimiliki mereka, dan sebagai orang awam saya bisa memahami dan memaklumi karena saya bukan pelaku dan ahli pada utusan tersebut, tapi bagaimana dengan anda ???

Tapi dengan merujuk kepada kata kata Kebijakan dan kebijaksanaan diatas, dapat diartikan Kebijakan itu adalah aturan/ prosedur yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan atau perundangan yang sudah diatur sebelumnya, kemudian Kebijaksanaan dapat diartikan sebagai sebuah keputusan yang diambil dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi masyarakat dan lingkungan meski kadangkala kebijaksanaan yang diberikan bertentangan dengan kebijkan ( aturan yang sudah dibuat sebelumnya )

Disini saya teringat dengan kasus Pembelian Mobil Mewah seharga 1,3 Milyar ( nol nya berapa ya :p ) yang dipakai oleh pejabat tinggi negara kita pada saat ini,
Kalau berdalih dengan kata-kata Kebiijakan diatas toch ! tidak ada satupun hukum negara yang dapat menyalahkan, karena itu adalah kebijakan yang sudah ada pada RAPBN, wajarkan ????
Tapi yang terganjal pada pemikiran saya adalah didalam pemberian Billout pada Bank Century pemerintah berkelit dengan kata-kata Kebijaksanaan !
Nah tapi mengapa dalam pembelian Mobil mewah untuk petinggi negara kata-kata Kebijaksanaan di abaikan ???
Apakah tidak terpikir sebelumnya oleh mereka jutaan rakyat indonesia masih berada pada garis kemiskinan ?, masih banyak anak-anak yang putus sekolah karena alasan ekonomi ? betapa banyak para sarjana-sarjana yang belum mendapatkan lahan pekerjaan ?
Kenapa sebelum mengambil kebijakan untuk pembelian Mobil mewah tersebut pemerintah tidak menggunakan kebijaksanaan ?
Wallahua’lam bissawab
Ya Allah,,,,
Ampunilah dosa kami, dosa orang tua kami dan dosa para pemimpin-pemimpin kami yang telah banyak berbuat dosa kepadamu,,,,
Ya Allah buka kanlah hati kami, hati pemimpin-pemimpin kami untuk selalu berada pada jalanmu,,,,
Ya Allah
Jadikanlah negeri kami “ Waldatun Tayyibatun wa rabbul gafur “

Opszzz,, kok aq ngebahas Politik y ??? ne kan blog ustadz cinta :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: