5 Cara Menggunakan Facebook untuk Menghasilkan Uang

Setelah rajin nongkrong di facebook, pertanyaan yang mungkin anda pikirkan adalah bagaimana cara menghasilkan duit dari “mainan” yang makin digandrungi ini? Benarkah facebook bisa menjadi sumber penghasilan berikutnya?

Jika anda tertarik menghasilkan uang lewat jejaring sosial ini, berikut 5 langkah standar yang sudah umum dibicarakan:

Pertama, facebook untuk jualan. Dengan cara ini anda bisa berjualan produk secara langsung. Facebook menyediakan aplikasi sendiri yang dinamakan “marketplace”. Anda juga bisa langsung jualan kepada teman-teman atau grup yang berada satu jaringan.

Kedua, membuat facebook application. Cara ini sangat maknyuss bagi anda yang punya keterampilan programming. Seperti di tempat lain, dengan semakin banyaknya pengguna facebook, kebutuhan terhadap aplikasi made in Indonesia juga akan ikut terdongkrak.

Ketiga, menggunakan facebook untuk beriklan. Ini adalah cara tidak langsung, tetapi jika iklan anda berhasil menyasar konsumen potensial, facebook otomatis akan mendatangkan antrian pembeli. Kelebihan facebook, anda bisa memilih target market mana saja yang ingin anda banjiri dengan iklan.

Keempat, jualan jasa. Anda bisa mengumpulkan recehan di facebook dengan mengutip biaya pada aplikasi yang anda buat. Syaratnya, tentu saja anda perlu terlebih dulu membuat aplikasi yang digemari. Jika anda penggemar game misalnya, di facebook banyak aplikasi yang menawarkan layanan premium. Soal pembayaran, cukup menggunakan paypal saja.

Kelima, mencari investor. Di facebook anda kembali bertemu dengan banyak orang kendati tidak secara langsung. Nah, jika anda punya ide bisnis yang potensial, bisa saja menawarkannya kepada teman-teman dijaringan anda untuk mendanainya.

Lima langkah tersebut pernah ditulis di mashable.com. Nah, berikut catatan saya:

Pertama, tidak semua orang bisa menjalankan sekaligus kelima langkah tersebut, terutama untuk poin kedua dan keempat.

Facebook apps memang paling digemari, tetapi jika tidak bisa programming berarti kita harus memakai jasa programmer dan itu biayanya tidak sedikit.

Kedua, setidaknya hingga saat ini, pasang iklan di facebook harus menggunakan kartu kredit dan ongkosnya dalam dolar. Agak ribet buat orang Indonesia yang belum terbiasa atau tidak punya credit card.

Ketiga, banyak diketahui facebook lebih diminati sebagai tempat having fun dan belum menjadi kawasan belanja untuk kebanyakan orang. Tapi, keadaan seperti ini bisa bergeser cepat di masa datang.

Jadi, cara mana yang anda pilih untuk menambang uang di facebook?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: